Kamis, 24 Februari 2011

wawasan kebangsaan

'WAWASAN KEBANGSAAN'

Wawasan Kebangsaan adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia yang dapat menyadari setiap warga Negara Indonesia akan jati diri sebagai bangsa Indonesia dengan rasa cinta tanah air dan dapat mempersatukan bangsa Indonesia dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Keberadaan bangsa Indonesia yang terdiri atas beberapa pulau dengan wilayah yang cukup luas, rawan terjadi perpecahan. Apalagi, wawasan kebangsaan dari generasi muda belum tertanam secara benar dan mantap di hati mereka. Karena itu, pemantapan tentang pemahaman wawasan kebangsaan diharapkan menjadi benteng menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

Wawasan kebangsaan menjadi penting bagi bangsa ini, mengingat Indonesia merupakan bangsa yang heterogen dengan wilayah yang luas dan penduduk yang besar. Kondisi seperti ini merupakan tantangan berat untuk mempertahankan kesatuan bangsa. Belum lagi era globalisasi yang telah mengaburkan batas-batas wilayah dalam pergaulan umat di dunia, tentu dapat menimbulkan dampak negatif dan positif bagi wawasan kebangsaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar